Home » , , , , , , » Nazim Hikmet - I Want to Die Before You

Nazim Hikmet - I Want to Die Before You

puisi cinta

Nazim Hikmet
Ben Senden Önce Ölmek Isterim I Want to Die Before You

.
Ben
senden önce ölmek isterim.
Gidenin arkasindan gelen
gideni bulacak mi zannediyorsun?
Ben zannetmiyorum bunu.
Iyisi mi, beni yaktirirsin,
odanda ocagin üstüne korsun
içinde bir kavanozun.
Kavanoz camdan olsun,
seffaf, beyaz camdan olsun
ki içinde beni görebilesin...
Fedakârligimi anliyorsun :
vazgeçtim toprak olmaktan,
vazgeçtim çiçek olmaktan
senin yaninda kalabilmek için.
Ve toz oluyorum
yasiyorum yaninda senin.
Sonra, sen de ölünce
kavanozuma gelirsin.
Ve orda beraber yasariz
külümün içinde külün,
ta ki bir savruk gelin
yahut vefasiz bir torun
bizi ordan atana kadar...
Ama biz
o zamana kadar
o kadar
karisacagiz
ki birbirimize,
atildigimiz çöplükte bile zerrelerimiz
yan yana düsecek.
Topraga beraber dalacagiz.
Ve bir gün yabani bir çiçek
bu toprak parçasindan nemlenip filizlenirse
sapinda muhakkak
iki çiçek açacak :
biri sen
biri de ben.
Ben
daha ölümü düsünmüyorum.
Ben daha bir çocuk doguracagim.
Hayat tasiyor içimden.
Kayniyor kanim.
Yasayacagim, ama çok, pek çok,
ama sen de beraber.
Ama ölüm de korkutmuyor beni.
Yalniz pek sevimsiz buluyorum
bizim cenaze seklini.
Ben ölünceye kadar da
bu düzelir herhalde.
Hapisten çikmak ihtimalin var mi bu günlerde?
Içimden bir sey:
belki diyor. 


saya
ingin mati sebelum kamu
Apakah Anda berpikir siapa yang lewat nanti?
akan menemukan siapa yang pergi sebelumnya
Saya tidak berpikir begitu.
Sebaiknya aku membakar aku
dan letakkan aku di atas kompor di kamar Anda
dalam toples.
Tabung itu terbuat dari kaca,
transparan, gelas putih
sehingga kamu bisa melihatku di dalam ...
Anda melihat pengorbanan saya:
Saya meninggalkan dari bagian bumi
Aku meninggalkan bunga
untuk bisa tinggal bersamamu
Dan aku menjadi debu,
untuk tinggal bersamamu
Nanti, saat kamu juga mati,
Anda akan datang ke toples saya.
Dan kita akan tinggal di sana bersama
abu di abu saya,
sampai mempelai wanita ceroboh
atau cucu yang tidak setia
melempar kami keluar dari sana ...
Tapi kita
sampai saat itu
akan bercampur
satu sama lain
begitu banyak itu
Bahkan di tempat sampah kita dilempar ke dalam
biji-bijian kita akan jatuh berdampingan
Kita akan terjun ke tanah bersama.
Dan suatu hari, jika ada bunga liar
memakan dari tanah dan bunga ini
Di atas tubuhnya, pasti
akan ada dua bunga:
satu adalah kamu
satu adalah aku
saya
jangan pikirkan kematian belum
Saya akan melahirkan seorang anak.
Hidup itu banjir dariku.
Darahku mendidih.
Aku akan hidup, tapi lama, sangat lama,
tapi bersamamu
Kematian juga tidak membuatku takut.
Tapi aku menemukan cara pemakaman kami
agak tidak disukai
Sampai aku mati,
Saya pikir ini akan menjadi lebih baik.
Apakah ada harapan Anda akan keluar dari penjara akhir-akhir ini?
Sebuah suara di dalam saya mengatakan
mungkin.

Thanks for reading Nazim Hikmet - I Want to Die Before You

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »